bahan bakar plastik

Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Biodiesel

Posted on by Ana Content Writing in

Sampah plastik menjadi salah satu problematika penyebab banyaknya bencana alam seperti banjir. Masyarakat masih menggunakan plastik untuk keperluan sehari-hari baik perorangan, toko maupun perusahaan besar. Pembuangan sampah plastik akan menyebabkan tersumbatnya saluran air dan mencemari tanah. Bahan bahan plastik sendiri sangat sulit dan tidak mungkin bisa di uraikan. Butuh waktu berjuta-juta tahun untuk bisa menguraikan sampah plastik tersebut. Apabila di bakar, hanya akan menggumpal dan membutuhkan waktu lama untuk menguraikannya. Jika sampah plastik tersebut tertimbun di dalam tanah hingga menumpuk, maka akan mengakibatkan dampak pemanasan global. Namun seiring berkembangnya teknologi, kini terdapat bahan bakar plastik yang diubah menjadi bahan biodiesel/bensin. Simak ulasan selengkapnya berikut.

bahan bakar plastic

Gunakan Pirolisis Untuk Ubah Plastik Menjadi Biodiesel

Plastik adalah bahan polimer rantai panjang dari atom yang mengikat satu sama lain. Proses pirolisis sampah plastik sendiri merupakan proses dekomposisi senyawa organik, yang terdapat dalam plastik melalui proses pemanasan dengan sedikit atau tanpa melibatkan oksigen. Proses ini akan mengubah senyawa hidrokarbon, sehingga bisa mengubah senyawa menjadi bahan bakar alternatif.

Waktu adalah hal terpenting yang mempengaruhi berapa lama dekomposisi berlangsung. Selain waktu, suhu juga menjadi faktor utama keberhasilan proses pirolisis tersebut. Hasil utama dari mesin ini adalah menjadikan limbah plastik menjadi bahan alternatif dengan menggunakan prinsip pirolisis tersebut. Cara menggunakan mesin ini pun terbilang mudah, anda harus memasukkan sampah ke dalam reactor melalui saluran inert.

Setelah itu bisa di tutup dengan menggunakan baut kemudian di panaskan sampah mencapai di atas suhu lebur. Mesin ini sendiri memiliki dua reactor, yang pertama berguna untuk melelehkan plastik kemudian melewati pipa pendingin sebelum reaktor kedua mengukus bahan menjadi biodiesel. Zat zat yang terkandung di dalam plastik sendiri akan terurai menjadi gas dan cair (minyak).

Sistem pirolisis sendiri bisa menghasilkan beberapa bahan biodiesel/bensin sesuai kebutuhan. Tiga jenis bahan bakar plastik yang akan di hasilkan adalah diesel yang terdiri dari 70 persen pengolahan plastik serta bensin sebanyak 20 persen dan minyak tanah sebesar 10 persen.

Hasil dari biodiesel ini tergantung dari suhu saat proses pengolahan. Untuk hasil biodiesel minyak tanah maka anda harus mengatur suhu dari 125˚ hingga 175° celcius. Sedangkan untuk hasil minyak premium, suhu yang digunakan ialah sebesar 25° hingga 125˚ celcius. Apabila anda menginginkan hasil solar, maka gunakan suhu 175° – 325˚celcius untuk hasil maksimal.

Jenis Plastik yang Cocok

Semua jenis plastik bisa anda gunakan untuk diolah menjadi bahan biodiesel kecuali jenis PET (Polythylene terephthalate) dan PVC (Polyvinyl chloride). Biasanya jenis plastik PET di gunakan sebagai kemasan minuman, minyak goreng, sambal dan lainnya. Plastik ini memiliki warna bening atau tembus pandang.

Plastik jenis PT hanya untuk sekali pakai, pasalnya jika digunakan berulang kali lapisan polimer pada botol akan meleleh dan mengeluarkan zar karsinogen pemicu kanker. Sedangkan untuk bahan plastik PVC biasanya digunakan dalam pembuatan botol detergen, botol sabun, botol sampo, pipa saluran dan lainnya.

Bahan plastik ini tidak boleh digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman karena mengandung zat DEHA (Diethylhydrixykanine) yang dapat merusak ginjal dan hati. Beberapa bahan plastik yang bisa diolah menjadi biodiesel adalah jenis plastik Polupropylene (PP) untuk kemasan makanan, Polystyrene (PS) untuk sterofoam, High Density Poluethylene (HDPE) untuk galon air minum atau kemasan belanja.

Adanya teknologi mutakhir untuk mengubah bahan plastik menjadi biodiesel adalah cara ampuh untuk mengurangi sampah plastik yang sudah membludak di Indonesia. Apalagi Indonesia adalah negara yang masuk rangking kedua dunia penghasil sampah plastik di laut. Sehingga adanya teknologi ini akan membantu bumi menjadi lebih sehat dengan mengurangi angka polusi tanah dan laut.

Untuk mendapatkan mesin pengubah plastik menjadi biodiesel, anda bisa memesan langsung di PT Maxzer Solusi Steril. Kami akan  memberikan layanan terbaik untuk membantu pengolahan sampah plastik lebih maksimal. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, anda bisa mengunjungi website resmi kami dan mengunjungi nomor admin yang tertera.